Saturday, August 29, 2009

Kelas 1 - Semua Asrama - #2

“Mengajakku sekelompok? Oke, tapi kita masih kurang dua anak lagi—“ Oke. Itu kata yang sedari tadi Nat tunggu. Dua orang lagi, eh? Tidak harus, kan? Profesor Sprout menjelaskan bahwa kelompok terdiri dari 2 sampai 4 orang, tidak lebih, tetapi boleh kurang dari empat. Ia tidak mau menunggu lebih lama la--

Well, ada Sullivan. Anak laki-laki itu mengajukan diri untuk turut bergabung. Bagus. Entah mengapa setelah bertemu untuk pertama kali dengan Sullivan pada saat insiden gadis-berambut-api-jatuh-dari-langit di danau, Nat seringkali bertemu lagi dengannya di waktu dan tempat yang berbeda. Yang kedua di halaman, bahkan mereka sempat bertanding sepakbola 5 on 5, dan kali ini adalah yang ketiga. Bukannya keberatan, tidak sama sekali, ia hanya heran atas kebetulan yang terjadi.

Seorang gadis lain--Maraschine memanggilnya dengan sebutan Glo--juga turut bergabung. Sudah cukup, rite? Ayolah, ia ingin cepat-cepat menyelesaikan kelas Herbologi. Nat mengerling Maraschine ketika gadis itu bertanya mengenai Jerat Setan. Jerat Setan. Anak laki-laki berambut hitam tersebut menunduk, memandang perkamen dari Amanda, mencari tahu apakah informasi mengenai Jerat Setan tertulis disana. Yeah, ada. “Ini, dan kali ini ayo kerjakan sama-sama.” Sebuah perkamen disodorkan. Ia turut melempar senyum pada Maraschine. Hm, sepertinya kesan pertama yang didapatkan Nat mengenai gadis yang satu ini tidak salah. Maraschine merupakan tipe anak perempuan baik-baik, suka menolong, tidak sombong dan rajin menabung. Tidak ada alasan untuk waspada terhadapnya. Dengan begitu Nat bisa lebih bersahabat dan terbuka.

Nathaniel berdeham, tak ingin membuang waktu, ia mulai membaca barisan kalimat yang tertera di perkamen pemberian sepupunya, "Jerat Setan, salah satu tumbuhan paling fenomenal di dunia sihir, memiliki kemampuan untuk membatasi pergerakan mangsanya dengan cara membelit atau mencekik menggunakan sulur-sulurnya. Tanaman ini menganut prinsip 'serang-balik', dalam artian akan mengencangkan belitannya jika mangsa atau sesuatu yang berada di atasnya melakukan perlawanan.
Jerat Setan amat sensitif terhadap cahaya dan api--akan berhenti bergerak di lingkungan yang penuh dengan cahaya terang, dan akan mundur jika bertemu dengan api."
That's it. Ia memicingkan mata, menelusuri perkamen sekali lagi dari atas sampai bawah, mencoba mencari apakah ada yang terlewat. Tidak ada. Well, masih kurang ia rasa. Nat mengangkat alis kepada ketiga teman kelompoknya, mengajukan pertanyaan 'bagaimana, eh?" non-verbal. Atau mungkin untuk Jerat Setan dicukupkan sajalah. Masih ada topik lain yang harus dibahas.

Nat mendekatkan perkamen kosong pemberian Maraschine ke arah ketiga personil kelompok. "Ada yang bersedia menulis?" Serius, ia capek. "Ngomong-ngomong, mengenai Aconyte dan Eucalyptus, mungkin aku bisa sedikit membantu," ujar Nat, kemudian ia meletakkan perkamen dari Amanda di atas meja, sedemikian rupa sehingga mereka berempat dapat membacanya.

Quote:

Eucalyptus
Eucalyptus merupakan penghuni asli benua Australia, namun dapat juga ditemukan di belahan dunia selatan, seperti di Filipina, Indonesia, dan Papua Nugini.
Berguna sebagai pewangi dan pembersih karpet, makanan koala, bahan furnitur mini, serta minyak essens untuk disinfektan. Nektar dari daun Eucalyptus berguna untuk menghasilkan madu monofloral berkualitas tinggi. Kayu Eucalyptus dapat digunakan sebagai hiasan rumah di dalam maupun di luar, timer, kayu bakar dan kayu pulp.
Minyak Eucalyptus yang telah didistilasi kukus dari daunnya bahkan dapat digunakan sebagai suplemen makanan (dalam jumlah yang sedikit tentunya). Minyak tumbuhan ini juga memiliki sifat menolak serangga, dan telah digunakan sebagai bahan dari penolak nyamuk komersial.
Tanaman ini sangat mudah terbakar. Dalam cuaca panas, tanaman ini dengan mudah terpanggang sinar matahari dan terbakar. Dan apinya dengan mudah menyebar. Beberapa jenis pohon Eucalyptus dapat meledak. Di dalam cuaca panas itu pula, minyak Eucalyptus yang menguap dapat memberi kesan kabut biru.
Satu hal penting yang harus diingat, tanaman ini beracun. Dilarang keras melahap Eucalyptus mentah-mentah, kecuali kau terserang depresi akut dan ingin mati cepat.

Cukup sepertinya, rite? Mari bahas tiga yang lain.

(OOC : Credit to wikipedia, Sellabloompicers, dan banyak sumber lain. Esai mengenai Aconyte dapat dilihat di postingan Nathaniel sebelumnya. CMIIW =9)

Labels: ,


7:29 PM